SEKILAS INFO
: - Rabu, 04-08-2021
  • Selamat datang di SMP Negeri 1 Labang  |  Ini adalah website resmi dari SMP Negeri 1 Labang  |  Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak)
Tahun 2021 Penerimaan CPNS Formasi Guru Dialihkan Menjadi PPPK

smpn1labang.sch.id – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana melalui konferensi pers secara daring mengatakan bahwa pemerintah berencana untuk tidak lagi membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi guru. Hasilnya seluruh penerimaan formasi guru nantinya hanya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kami sepakat bahwa untuk guru itu akan beralih menjadi PPPK. Jadi bukan (penerimaan) CPNS lagi. Ke depan mungkin kami tidak akan menerima guru dengan status CPNS, tapi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja,” Ujar Bima melalui siaran langsung di Youtube Kementerian PANRB, Selasa (29/12).

Ia menjelaskan bahwa keputusan ini diambil karena pengelolaan guru akan lebih efektif dengan status PPPK. Hal ini didasarkan berdasarkan pengalaman selama ini Ketika menjadi PNS, guru kerap meminta pindah lokasi pengabdian setelah 4-5 tahun bekerja. Hal tersebut dianggap mengganggu sistem pengelolaan dan distribusi guru yang sudah disusun BKN bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh sebab itu, formasi guru pada CPNS bakal ditiadakan untuk seterusnya.

“Jadi nantinya, setiap individu yang ingin menjadi guru bisa melalui seleksi PPPK. Sedangkan guru yang sudah menjadi PNS tinggal menunggu batas waktu pensiunnya kemudian semuanya akan menjadi PPPK,” lanjutnya.

Perbedaan PNS dan PPPK

Bima juga menegaskan bahwa status PNS dan PPPK memiliki kedudukan yang setara dengan gaji yang sama, sehingga guru yang sudah berstatus PNS tak perlu khawatir akan perubahan status tersebut. Perubahan status juga akan dilaksanakan terhadap tenaga kesehatan, dokter, dan tenaga penyuluh.

Menurut Bima, PPPK dan PNS setara dari segi jabatan. Perbedaan kedua aparatur sipil negara (ASN) itu hanya soal ada atau tidaknya fasilitas tunjangan pensiun. “Setara, hanya bedanya kalau PNS mendapatkan (tunjangan) pensiun, PPPK tidak mendapatkan (tunjangan) pensiun,”

Tapi, BKN mengupayakan untuk membicarakan persoalan itu kepada PT Taspen, sehingga PPPK pun bisa menerima tunjangan pensiun seperti PNS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rapat Dinas SMP Negeri 1 Labang

Pelaksanaan PAS Genap Kelas IX

Sosialisasi LHKASN